Jumlah penduduk Indonesia yang mencapai lebih dari 250 juta jiwa, dimana
saat ini hampir 90 juta adalah pengguna internet. Jumlah pengakses
internet yang sangat besar ini adalah potensi bisnis yang sangat
menjanjikan. Dengan dukungan jangkauan internet yang semakin luas,
jaringan yang semakin maju dengan hadirnya 4G, dan pesatnya pertumbuhan
pengguna smartphone sudah cukup membuktikan potensi yang luar biasa
dalam bisnis internet.
Untuk menjalankan bisnis internet, maka kehadiran website adalah suatu
keniscayaan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Walaupun bisa saja
menjalankan bisnis internet dengan tanpa website milik sendiri, namun
tetap saja paling tidak seorang pelaku bisnis mempunyai laman resmi
(official website) akan bisnis yang dijalankannya.
Membuat website adalah perkara yang bisa dibilang tidak terlalu sulit.
Saat ini telah hadir beragam teknologi yang sangat membantu dalam
membuat website. Yang penting adalah menganalisa dahulu website seperti
apa yang dibutuhkan. Setelahnya bisa dikerjakan sendiri, atau sebaiknya
diserahkan kepada tenaga profesional yang ahli membuat dan mendesain
web.
Setelah website berdiri, langkah selanjutnya adalah mempromosikan web
tersebut agar mendatangkan penjunjung. Tentu sangat sia-sia jika waktu
yang dihabiskan untuk membuat website yang canggih dan menarik tetapi
sepi pengunjung. Bukan ini yang diinginkan.
Membangun website sama halnya seperti membangun toko atau kantor.
Setelah dibangun dan ditata dengan baik maka selanjutnya harus
dipikirkan strategi yang efektif untuk medatangkan pengunjung.
Dilihat dari sumber trafik yang datang, setidaknya ada 3 sumber trafik berasal, yaitu: search engine, direct traffic, dan website referer. Search engine populer saat ini masih didominasi oleh Google, kemudian diikuti oleh Bing dan Yahoo. Direct traffic atau trafik langsung artinya pengunjung mengetikkan langsung URL website di browser. Referer artinya
trafik berasal dari website lain yang terdapat tautan menuju website
Anda. Dengan demikian, bila dirinci berikut inilah beberapa cara efektif
yang bisa dicoba untuk meningkatkan trafik website:
1. Menggunakan Teknik Search Engine Optimization (SEO)
SEO adalah suatu metode yang digunakan untuk mengoptimalkan website dari
dalam dan dari luar dengan tujuan menempati ranking dengan posisi
terdepan di halaman hasil pencarian search engine. Lebih dari 70%
pengunjung website biasanya bersumber dari search engine.
Google adalah search engine paling populer saat ini. Seseorang akan
menggunakan Google untuk mencari informasi tertentu dengan mengetikkan
kata kunci. Halaman-halaman website yang muncul di halaman pertama
(ranking 1-10) mempunyai peluang lebih besar untuk diklik. Semakin
tinggi rankingnya semakin besar pula potensi trafik yang bisa didapat
dari Google. Kelebihan menggunakan teknik ini adalah bisa nangkring di
ranking atas dengan gratis dan mendapatkan pengunjung yang potensial
sesuai kata kunci. Kekurangannya, teknik SEO membutuhkan waktu,
kesabaran, dan ketekunan agar bisa mencapai hasil yang maksimal
tergantung tingkat persaingan pada kata kunci tersebut. Pembahasan lebih
mendalam mengenai SEO akan dimuat pada tulisan mendatang.
2. Sosial Media
Sumber trafik yang bisa mendatangkan pengunjung berikutnya adalah sosial
media. Facebook, twitter, dan instagram adalah 3 besar sosial media
yang banyak digunakan saat ini. Selain karena penggunanya yang besar,
fitur-fitur yang disediakan sangat memudahkan bagi pebisnis online untuk
memanfaatkannya sebagai media promosi. Agar promosi dengan sosial media
bisa efektif, perlu dilakukan strategi yang tepat. Misalnya analisis
terlebih dahulu siapa yang akan menjadi target promosi, jenis
kelaminnya, usianya, latar pendidikan, tempat tinggal, perangkat yang
dipakai, kegemaran, dan sebagainya. Dan masih banyak strategi jitu
lainnya untuk meningkatkan trafik web dari facebook dan twitter. Akan
dibahas di artikel lain.
3. Promosi Online
Trafik yang berasal dari web lain yaitu apabila seseorang mengklik
tautan di website A menuju website B. Ini berarti website B mendapatkan
trafik dari website A. Cara yang bisa dilakukan untuk teknik ini
diantaranya adalah membuat tulisan di
situs-situs web 2.0 seperti forum, blog, dan situs jurnalisme warga.
Tentunya dengan memperhatikan aturan main yang ditetapkan oleh admin.
Bisa juga memasang iklan berbayar di
Google Adwords agar web Anda muncul di peringkat paling atas. Tentu
butuh biaya yang dikeluarkan untuk setiap klik. Selain itu, carilah
website yang potensial dan pasanglah advertorial atau banner di website tersebut. Manfaatkan juga whatsapp dan BBM untuk menjaring trafik website.
4. Promosi Offline
Dari sinilah direct traffic berasal.
Pengunjung web yang sudah mengenal nama domain suatu website akan
mengetikkan langsung di aplikasi web browser. Biasanya pengunjung direct traffic adalah
pengunjung berulang (sudah pernah berkunjung sebelumnya) dan pengunjung
yang pernah menemukan nama website tersebut melalu berbagai media
promosi offline seperti media cetak, media elektronik, radio, reklame,
stiker, kaos, brosur, buku, spanduk, dan berbagai media promosi lainnya.
Kekurangan dari cara promosi offline adalah membutuhkan modal yang
tidak sedikit.
Itulah beberapa cara efektif yang bisa dilakukan untuk meningkatkan
trafik website. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Bisa
dicoba salah satunya saja secara bertahap atau beberapa teknik sekaligus
agar lebih dahsyat, namun dibutuhkan sumber daya yang tidak sedikit.
No comments:
Post a Comment